Archive for January, 2013

12
Jan
13

Mbonceng Ngangkang ?

Akhirnya aku tergelitik juga nulis topik ini. Geli sih.. 😀

Day 1 - Pantai Panjang, Bengkulu *Aku dan Cindy, ride di Bengkulu.
.
Aku adalah pecinta sepeda motor dan telah cukup banyak berjalan diatas kendaraan jenis itu mulai dari Aceh di ujung Sumatra, Jawa, Bali sampai Lombok dan juga berkeliling Malaysia. Cukup sering perjalananku dilakukan berboncengan dengan istriku. Mengingat aku tidak ahli dari sisi agama, aku cenderung melihatnya dari sisi yang lain. Secara prinsip, dari sisi safety, aku memang hanya akan membonceng penumpang motor jika mereka duduk mengangkang. Tentu, jika pembonceng menggunakan rok panjang, hal ini akan menyulitkan. Namun jika menggunakan celana (bukan rok), hal itu tidak masalah.
.

*Aku dan Cindy, ride di Bali.
.
Dibanyak daerah, hingga kepelosok-pelosok tanah air, sepeda motor adalah merupakan andalan alat transportasi utama. Baik Pria mau pun wanita, mengendarai dan menggunakannya sebagai alat transport utama yang penting bagi kehidupan mereka.
.
Photobucket
Photobucket
* Aku dan Cindy, ride ke Jogja
.
Bagi pengguna motor bebek atau scooter, posisi duduk pengendara masih bisa tidak mengangkang dan perempuan dapat menggunakan rok panjang karena type motor ini tidak menggunakan rangka yang membagi motor dalam dua sisi (kiri dan kanan). Namun jika menggunakan motor bebek, posisi kaki akan berada di sisi kiri dan kanan rangka depan yang walau tidak sangat tinggi, memerlukan pengendara untuk mengangkat roknya sedikit keatas agar dapat berfungsi dapam pengontrolan kendaraan (ada rem disisi kanan dan gigi/porsneling dididi kiri). Mengangkat rok sedikit” seperti ini mungkin sudah mulai dirasa kurang nyaman oleh beberapa orang (pengguna atau mungkin yang melihat). Namun demikian, tetap, dari sisi faktor safety, menggunakan rok panjang kecuali roknya cukup lebar, akan dapat berbahaya, karena pengendara motor, kadang harus menahan motor disisi kiri dan kanan agar seimbang dengan kedua kakinya agar tidak terjatuh; misalnya disaat berhenti atau akan naik dan mendirikan motor. Jika, rok panjangnya kurang kebar dan menghambat kakinya menyentuh tanah dengan baik, makan bisa jadi motor tidak akan seimbang dan dapat terjatuh.
.
Bagi pengguna motor sport (yg ada tankinya diantara pengedara dan stang) hal ini sudah jelas. Tidak mungkin menggunakan rok panjang sama sekali.
.
Jika pembonceng dilarang duduk ngangkang, seharusnya pengendara juga donk, karena esensinya sama saja.. Jika tidak, dimana logika berfikirnya pembuat paraturan jika duduk ‘ngangkang’ yang jadi pertimbangan. Jika safety dan kesopanan (saya sangat berharap tidak serta merta menggunakan kata ‘syariat’ sebagai dalil karena akan mendangkalkan agama yang universal untuk semua umat disepanjang zaman) yang menjadi pertimbangan, celana panjang mestinya kan bisa jadi jawaban (baik bagi pengendara maupun pembonceng). Tapi jika hal itu juga bermasalah berarti dapat diduga tak lama lagi akan ada peraturan yg melarang perempuan menggunakan celana panjang.
.
Dari sisi lain lagi, apapun yang yang kita buat (termasuk membuat aturan) adalah refleksi cara pikir dan kematangan berfikir itu sendiri. Sementara, kembali lagi ke diri saya sebagai pengguna sepeda motor, posisi saya jelas, saya tidak akan membonceng orang (lelaki atau perempuan) jika mereka tidak duduk ngangkang, dan menggunakan bahan celana yang rapat (tidak lebar, apa lagi berkibar) diujung kaki nya karena itu penting bagi pembonceng itu sendiri dan juga keseimbangan motor yang rodanya hanya dua. Saya pernah menyaksikan sendiri akibat kaki tertarik diputaran rantai dan sproket (gigi2 pemurat rantai) karena ada kain yang berlebih dan masuk kesana. Sangat berbahaya dan fatal akibatnya.
.
Kalau mau ride gaya sport gini emang gak bisa boncengan. Jadi gak usah dibahas.. Hahaha.. 😀 (No.23 adalah nomorku untuk di race)
Photobucket
Photobucket
.
So, selamat menikmati berkendara roda dua dengan safe… 🙂




Blog Stats

  • 269,370 hits
January 2013
M T W T F S S
« Sep   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Photobucket
Photobucket
Photobucket